RESEP PUDING KOPI LAPIS

Bahan Adonan Kopi:
- Air 300 ml
- Agar-agar putih 1/2 bungkus
- Gula pasir 75 gr
- Kopi instan 1 sdm
- Telur 2 butir
- Liquer rasa kopi (Kahlua) 1 sdm

Untuk Adonan Moka:
- Agar-agar bubuk putih 1/2 bungkus
- Gula pasir 50 gr
- Susu cair 400 ml (full cream milk)
- Cokelat masak pekat 25 gr (dark cooking chocolate), lelehkan
- Krim kental 50 ml (whip cream/fresh cream/double cream)

Untuk Adonan Susu:
- Agar-agar bubuk putih 1/2 bungkus
- Susu cair 350 ml (full cream milk)
- Gula pasir 75 gr
- Krim kental 50 ml
- Putih telur 1 butir, kocok kaku

Untuk Saus Susu:
- Kuning telur 1 butir
- Gula pasir 50 gr
- Tepung maizena 1/2 sdm, maizena, larutkan dalam sedikit air
- Susu cair 250 ml (full cream milk)
- Rum 1 sdm (bila suka)

  1. Siapkan cetakan persegi ukuran 11x23x5cm, basahi dengan sedikit air matang. Ganjal salah satu sisinya hingga agak miring, sisihkan.
  2. Adonan kopi: Masukkan agar agar , air dan gula pasir ke dalam panci, jarang di atas api sedang hingga mendidih dan gula larut, kecilkan api. Masukkan kopi, aduk rata. Kocok telur hingga berbuih, masukkan sedikit adonan agar agar ke dalam telur kocok, aduk. Masukkan ke panci agar agar, aduk rata, angkat. Tambahkan liquer, aduk. Tuang adonan ke cetakan, biarkan dalam posisi yg sama hingga puding agak mengeras.
  3. Adonan moka: Masukkan agar agar, gula pasir dan susu dalam panci, jerang di atas api sedang hingga mendidih dan gula larut, kecilkan api. Masukkan cokelat leleh, aduk hingga rata, tambahkan krim kental, aduk cepat cepat, angkat. Ganjal cetakan berisi adonan kopi yg sudah mulai mengeras pada sisi yg lainnya. Tuang adonan moka ke atasnya, biarkan hingga agak mengeras, dalam posisi yg sama.
  4. Adonan susu: Masak agar agar, susu dan gula pasir dalam panci hingga mendidih dan gula larut, kecilkan api, masukkan krim kental dan putih telur kocok, aduk hingga tercampur rata. Ambil pengganjal di bawah cetakan, tuang adonan susu di atas adonan moka dalam cetakan, biarkan hingga puding mengeras.
  5. Saus susu: Kocok kuning telur dengan 1 sdm gula, masukkan larutan tepung dan 50ml susu, aduk, sisihkan. Didihkan sisa susu dan sisa gula, masukkan 2 sdm susu panas ke dalam adonan telur, aduk, masukkan kembali ke dalam panci susu. Masak hingga mendidih, angkat. Aduk aduk hingga agak dingin, tambahkan rum (bila suka), aduk rata.
  6. Keluarkan puding dari cetakan, potong potong sesuai selera, sajikan dengan saus susu.
Artikel Lainnya:
RESEP PUDING COKELAT KOPI LEMBUT
RESEP PUDING MOCCA
RESEP PUDING KACANG HIJAU MOKA


Artikel Terkait:

Link Artikel:.

Anda sedang membaca artikel tentang RESEP PUDING KOPI LAPIS dan anda bisa menemukan artikel RESEP PUDING KOPI LAPIS ini dengan url http://resep-mix.blogspot.com/2013/03/resep-puding-kopi-lapis.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel RESEP PUDING KOPI LAPIS ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link RESEP PUDING KOPI LAPIS sumbernya.